Berikut ini adalah tips bagaimana memilih dan memasang baja ringan yang baik dan benar

  1. Pilihlah baja ringan dengan tingkat kelenturan yang tepat, baja ringan yang bagus tidak terlalu keras dan tidak terlalu lentur.
  2. Cek ketebalan baja ringan, untuk ketebalan standar yaitu 0.75 mm untuk baja ringan yang bagus pasti di setiap batangnya ada cap tanggal pembuatannya dan cap SNI.
  3. Pastikan jarak kuda-kuda tidak terlalu jauh, untuk jarak kuda kuda standar yaitu 120 cm itu maksimal jadi jangan sampai lebih dari 120 cm lebih rapat lebih baik.
  4. Pastikan jarak web tidak terlalu jauh, karna jarak web akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan kuda-kuda baja ringan. WEB ( Kaki kaki yang menopang kuda kuda baja ringan) jarak web maksimal adalah 150 cm
  5. Tanyakan surat garansi berapa lama yang akan diberikan untuk garansi pemasangan di rumah anda.
  6. Pastikan setiap pemasangan baja ringan terlebih dahulu digambar dan dianalisa menggunakan software khusus baja ringan, mintalah gambar perencanaan untuk pemasangan atap di rumah anda, karena gambar tersebut akan dijadikan acuan oleh aplikator yang akan memasang baja ringan, berapa jarak kuda-kuda dan bagaimana model kuda-kuda baja ringan yang akan di pasang dan untuk derajat kemiringa standar adalah 30 derajat untuk genteng keramik, morando, beton dan sejenisnya, untuk genteng metal bisa di 25 derajat. Derajat kemiringan juga berpengaruh terhadap kebocoran atap rumah anda jika derajat kemiringan terlalu landai maka air akan tampias masuk kerumah anda.
  7. Pilihlah merk baja ringan yang diproduksi oleh pabrikan terkenal. Karena kebanyakan, merk mempengaruhi kualitas baja ringan tersebut.

Demikian tips bagaimana memilih dan memasang baja ringan yang baik dan benar karena ini akan mempengaruhi kekuatan atap baja ringan yang anda gunakan.